Pengembara Kepagian yang tak Tuntas

Leave a comment

September 15, 2013 by chazerdee

Pagi ini dia masih enggan untuk beranjak dari tempat tidur, hanya menatap mesin lipat dan mendengarkan playlist yang disusun teman yang menurutnya sangat tak jelas dari lagu daerah, korea, barat, india bahkan sampai lantunan Surah Al-Waqiah pun dijadikan playlist. Sangat kacau hehee…..mungkin kalau ada seleksi MD radio, bisa jadi 75% tak lolos, that’s why called crazy day and playlist.

yuuhhuu, ada aroma menyengat yang semakin mendekat…ikan goreng, sambal dan nasi putih siap dia lahap. Ah, tanpa basa basi dia turun dari kasur untuk segera mengucapkan rasa syukurnya atas menu hari ini. Ternyata hari gini masih ada seorang teman yang baik hati  kepada si pengembara.

Pengembara dalam arti beberapa hari, mengembara belajar menjadi lebih sabar, lebih ikhlas, dan lebih bisa menerima apa yang orang timpalkan padanya walau beberapa deret kata negatif kepadanya. Belajar lebih bisa menerima diri sendiri walau semarah apapun dan sekesal apapun…yup apapun…apapun. Menurut dia bukankah marah seharusnya memang harus tak pernah diungkapkan tapi harus dibicarakan agar tak salah persepsi, disitulah dia si pengembara mulai belajar.

Sepagi ini dia mulai ngelantur tak jelas, masih di atas kasur teman yang empuk sambil membuka halaman buku “Menyimak kicau Merajut Makna” (Salim A. Fillah) dan menikmati tulisan-tulisan yang ada di blog beliau tersebut. Dia ini semakin tak jelas mana ada baca buku sambil menatap mesin lipat. Pagi yang hening untuk dia.

Terinspirasi dari tulisan blog Salim A. Fillah :

Menulis adalah mengikat jejak pemahaman. Akal kita sebagai karunia Allah ‘Azza wa Jalla, begitu agung dayanya menampung sedemikian banyak data. Tetapi kita kadang kesulitan memanggil apa yang telah tersimpan lama. Ilmu masa lalu itu berkeliaran dan bersembunyi di jalur rumit otak. Maka menulis adalah menyusun kata kunci untuk membuka khazanah akal; sekata menunjukkan sealinea, satu kalimat untuk satu bab, sebuah paragraf mewakili berrangkai kitab. Demikianlah kita fahami kalimat indah Imam Asy-Syafi’i; ilmu adalah binatang buruan, dan pena yang menuliskan adalah tali pengikatnya.

Menulis juga jalan merekam jejak pemahaman. Kita lalui usia dengan memohon ditambah ilmu dan dikaruniai pengertian; maka adakah kemajuan? Itu boleh kita tahu jika kita rekam sang ilmu dalam lembaran; kita bisa melihat perkembangannya hari demi hari, bulan demi bulan. Jika tulisan kita tiga bulan lalu telah bisa kita tertawai; maka terbaca adanya kemajuan. Jika anggitan setahun lewat masih terkagumi juga; itu menyedihkan.

Lebih lanjut; menulis adalah mengujikan pemahaman kepada khalayak; yang dari berbagai sisi bisa memberi penyaksamaan dan penilaian. Kita memang membaca buku, menyimak kajian, hadir dalam seminar dan sarasehan. Tetapi kebenaran pemahaman kita belum tentu terjaminkan. Maka menulislah; agar jutaan pembaca menjadi guru yang meluruskan kebengkokan, mengingatkan keterluputan, dan membetulkan kekeliruan.

Penulis hakikatnya menyapa dengan ilmu; maka ia berbalas tambahan pengertian; makin bening, makin luas, kian dalam, dan kian tajam. Agungnya lagi; sang penulis merentangkan ilmunya melampaui batas-batas waktu dan ruang. Ia tak dipupus masa dan usia, ia tak terhalang ruang dan jarak. Adagium Latin itu tak terlalu salah; Verba Volant, Scripta Manent. Yang terucap kan lenyap tak berjejak, yang tertulis kan adi mengabadi. Tetapi bagi kita, makna keabadian karya bukan hanya soal masyhurnya nama; ia tentang pewarisan nilai. Apakah kemaslahatan yang kita lungsurkan, atau justru kerusakan.

Sungguh tulisan yang indah membuat si pembaca terbawa suasana dalam dunia kata. Hingga dia terlarut dan lupa sejenak akan hal yang membuatnya pening. Dia menyebutnya pengembara kepagian yang tak tuntas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dian Y.

You see things that are and say WHY ? But I dream things that never were and say WHY NOT ?

Categories

day by day

Recent Posts

September 2013
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: